Minggu, 14 Oktober 2012

Proses Recording Album


Pasti Sahabat Peterpan udah penasaran banget tentang album Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David yang akan datang kan? Nah, untuk itu saya menyempatkan diri untuk ikut ke studio Masterplan untuk meliput proses rekaman dari album yang baru. Kebetulan hari itu adalah jadwal Lukman, Reza dan David untuk recording. Ketika saya datang, Lukman sudah ada di studio untuk recording gitar di lagu mereka yang baru. Sambil menunggu Lukman selesai
mengisi gitar di salah satu lagu, Reza yang datang bersama saya memilih untuk santai menonton TV di ruang tunggu bawah. Tapi sesantai-santainya Reza, tangan dan kakinya selalu bergerak-gerak seperti sedang main drum. Waktu saya tanya apa Reza pernah diam duduk sebentar tanpa harus bergerak terus seperti sedang main drum, dia jawab nggak pernah.. hahaha… pantas Reza punya skill drum yang pantas diacungi jempol soalnya lagi nggak nge-drum pun tangan dan kakinya selalu bergerak seperti sedang main drum.

Tidak lama kemudian datanglah duo manager Peterpan yaitu Bang Budi dan Ezra yang datang untuk melihat proses recording, sekaligus menemani para personil yang pada hari itu mempunyai jadwal recording. Disusul oleh kedatangan Uki dan setelah itu David ke studio Masterplan. Sambil menunggu giliran, David yang memang belum makan, memesan makanan dari rumah makan Padang yang berada tidak jauh dari studio. Obrolan ringan pun mengalir di ruang tunggu Masterplan, topiknya berbeda-beda dari mulai politik, musik, sampai hal-hal pribadi. Suasana semakin hangat dengan bergabungnya Lukman di ruang tunggu. Rupanya Lukman keluar untuk istirahat sejenak dari proses recording.

Ketika sedang di ruang tunggu, saya sempat bertanya mengenai apa penyebab penyebab terlambatnya keluar album terbaru dari Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David, menurut Lukman, penyebabnya sebenarnya dari diri mereka sendiri. Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David tidak mau terburu-buru dalam proses pembuatan album terbaru ini. Mereka ingin total dalam penggarapannya agar hasilnya bisa memuaskan dan sempurna menurut mereka.

Istirahat pun selesai dan satu per satu para personil yang mempunyai jadwal recording di hari itu menjalani proses recording. Ditengah-tengah proses recording, datanglah Produser dari Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David yaitu Kang Noey. Maka disela-sela proses recording, saya menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan Kang Noey.

Menurut Kang Noey ada banyak perbedaan di album Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David yang baru dibandingkan dengan album yang lama, yang paling menonjol adalah dengan masuknya David, musiknya menjadi lebih banyak warna dan karena proses bermusik juga, musik Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David lebih dewasa dan lebih rapi dibandingkan dengan album-album sebelumnya.

Sedangkan hambatan yang dilihat Kang Noey sebagai produser, atas album baru ini terletak pada keinginan para personil untuk menghasilkan karya yang sempurna bagi para pendengarnya. Kesulitannya terletak pada lirik yang memang menjadi ciri khas dari musik Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David yang selalu menggunakan lirik yang tidak biasa. Ditambah dengan sifat ‘perfectionist’ dari Ariel yang menginginkan lirik yang benar-benar bagus, tidak biasa dan belum pernah ditulis sebelumnya oleh siapapun, jadi tingkat kesulitannya pun sangat tinggi. Para penggemar musik Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David pasti akan sangat terpuaskan oleh album baru ini karena album ini layak sekali untuk ditunggu melihat penggarapannya yang tidak asal-asalan.

Nah sekarang pertanyaan yang sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh Sahabat Peterpan, yaitu mengenai kapan Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David akan merilis album baru mereka. Menurut dua sumber yang sangat terpercaya, yaitu Kang Noey dan juga Bang Budi, mereka mentargetkan untuk launching album baru Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David di bulan Maret. Jadi untuk Sahabat Peterpan, tunggu aja ya album barunya Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David. Sekarang kita tau kan alasan kenapa album ini cukup lama keluarnya, tidak lain karena Ariel, Uki,Lukman,Reza dan David ingin menyajikan karya terbaik mereka untuk para Sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar