Minggu, 14 Oktober 2012

Interview Dengan Lukman

Pada tanggal 13 Januari 2010, saya mengikuti kegiatan Lukman melakukan recording untuk album baru Ariel, Uki, Reza, Lukman dan David di Masterplan Studio. Disela-sela recording saya menyempatkan untuk sedikit berbincang-bincang dengan Lukman, dan inilah hasil interview saya.
 Lukman dididik di dalam keluarga seperti apa sih?
hmmm... waktu kecil tuh saya dididik dengan tegas oleh orang soalnya ayah saya kan guru, jadi semua anak-anaknya dididik untuk mengikuti peraturan.
Tapi biarpun begitu orangtua saya tipe orang tua yang memberikan ruang gerak buat anak-anaknya. Jadi kami semua diberi kebebasan dengan syarat mengikuti aturan-aturan yang dibuat oleh orang tua. Kebebasan yang bertanggung jawab lah...
Contohnya apa tuh?
Yaa... dulu
kita ngga boleh keluar malam, pulang sekolah ngga boleh kemana-mana, maghrib harus udah ada di rumah, paling kalau maen sampe malem itu pas malam takbiran aja. Mungkin itu pengecualian ya, soalnya kan kita semua mau ngerayain datangnya lebaran. Setelah masuk SMA baru saya dikasih kepercayaan buat pulang lebih malam, main agak jauh, ya asal nggak lupa waktu aja.
Dulu nakal-nakalnya Lukman waktu kecil seperti apa sih?
Ya dulu seperti anak-anak
laki-laki pada umumnya, saya termasuk bandel... suka berantem gitu, soalnya dulu temen-temen saya termasuk anak-anak yang suka berantem... pokoknya dulu masa kecil preman bangetlah... hehehe...
Dulu mulai main gitar di umur berapa tahun? Lalu kenapa memilih buat main gitar?
Waktu saya mulai main gitar itu di umur 14 tahun... itu juga otodidak belajarnya... bener-bener ngga pernah belajar formal. Alasan pertamanya sih ya karena ada gitar dirumah... dulu itu kakak yang main gitar, terus saya mulai nyoba main gitar, lama-lama kok jadi bernada dan setelah itu jadi tau nada... akhirnya ya saya lihat-lihat buku, baca-baca soal cara main gitar... ya belajar sendiri.
 Kalau anak-anak Lukman ada yang mewarisi bakat musiknya ngga?
Hmmm... belum kelihatan sih... kan masih kecil-kecil jadi mereka semua masih suka nyanyi... nyanyinya juga masih lantang-lantang... suka teriak-teriak jadi belum ketahuan juga. Kalau nanti udah agak besar baru bisa dilihat dari mungkin kalau nyanyi udah mulai nggak fals, atau dari kemampuan mainin alat musik... menurut saya sih dari situ bisa dilihat punya bakat atau nggaknya.
Nah sekarang Lukman punya keluarga sendiri, cara didik orangtua Lukman diturunkan nggak sama anak-anak?
Ya ada yang diterapkan, ada yang ngga. Soalnya kan jaman dulu beda sama jaman sekarang, jadi ada hal-hal yang harus beda aja cara ngatasinnya. Tapi yang menurun sih dari disiplinnya, sekarang anak-anak harus udah tidur paling malam jam 8... terus sebelum tidur, diperiksa PR-nya dulu... ya sewajarnya aja sih cara didiknya.
 Lukman ada bisnis sampingan nggak selain main musik?
Iya ada... jadi musisi kan ada naik dan turunnya, jadi harus ada persiapan juga buat saya nantinya... nah kalau saya sih udah mulai merintis di bisnis property. Jual beli tanah, rumah begitulah.
Kalau obsesi dari seorang Lukman untuk band itu apa?
Obsesinya untuk melegenda... itu yang menurut kita belum tercapai. Tapi sampai saat ini sih kita bersyukur karena semua album sesuai dengan keinginan kita, semua lagu kita sendiri yang bikin, nah selanjutnya kita melakukan yang terbaik aja.
Terus ada nggak sih kelakuan atau perbuatan dari fans yang bikin kesel?
Ada... dulu tuh pas saya lagi manggung banyak yang minta kenang-kenangan... terus udah main jambret aja... jam tangan, kalung pada ilang dijambret mereka. Makanya sekarang kalau manggung, saya ngga pakai aksesoris lagi soalnya takut hilang hehehe...
Ok terakhir, ada pesan-pesan nggak buat Sahabat Peterpan?
Buat Sahabat Peterpan, sabar aja ya nungguin album baru kita dan dukung terus musik kita.
Itulah interview dengan Lukman, semoga Sahabat Peterpan yang nge-fans sama Lukman bisa sedikit terobati rasa keingintahuannya. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar