Rabu, 12 September 2012

Pengertian dan dampak Internet


Pengertian dan dampak Internet
Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia ( jaringan komputer global ) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Selain itu Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis dan mempunyai kode etik yang dihormati oleh segenap anggotanya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP ( Transmission Control Protocol ) bertugas memastikan bahwa semua hubungan dapat bekerja dengan baik dan benar, sedangkan IP ( Internet Protocol ) yang bertugas mentramisikan data dari komputer yang satu ke komputer yang lain.
Pada dasarnya internet boleh dikatakan sebagai sebuah media, dan biasanya setiap media mempunyai fungsi masing-masing. Adapun fungsi-fungsi internet antara lain :
  • Sebagai pusat/penyedia informasi.
  • Sebagai sarana komunikasi.
  • Sebagai sarana promosi.
Satu hal yang paling menarik adalah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, RAS, kelas ekonomi, ideologi, atau hal-hal lain yang dapat menghambat pertukaran pemikiran.
Ada banyak manfaat yang diperoleh apabila seseorang mengakses sebuah internet, antara lain adalah :
  • Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan diri, sosial, rohani.
  • Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, berita bisnis, berbagai forum komunikasi.
Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga mempunyai dampak negatif bagi penggunanya dikarenakan terlalu bebas informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tak pantas untuk dilihat atau di baca. Selain itu adalah pemborosan waktu bagi mereka yang kecanduan game online.
Tetapi di balik dampak negatif yang ditimbulkan internet, internet juga banyak memberikan dampak positif bagi kita semua, diantaranya adalah :
  • Internet memberikan kita sebuah informasi yang kita butuhkan.
  • Dengan internet, kita dapat melakukan sebuah komunikasi yang mudah dan cepat tanpa ada batas, mis : chating.
  • Internet memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk menjalankan kegiatan bisnisnya online tanpa ada batas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar